Rabu, 16 Oktober 2013

REPOST : KASUS ORANG-ORANG YANG OTAKNYA DIMAKAN AMOEBA USAI BERMAIN DI AIR


Tulisan ini saya buat setelah membacanya dari laman “DetikHealth” pada tanggal 08 Oktober 2013 , saya tertarik untuk menshare artikel ini sehingga dapat bermanfaat untuk kita semua dan peduli terhadap sesama. Karena saya merasa belum banyak yang tahu mengenai hal ini.

Bermain di air memang terasa menyegarkan. Tapi jangan salah, air tergenang yang hangat justru akan menjadimenjadi tempat bersarang amoeba pemakan otak yang bisa mengakibatkan meningitis (radang selaput pelindung sistem saraf pusat) parah, bahkan kematian.
Dirangkum detikHealth, Selasa ( 8/10/2013) berikut ini adalah orang-orang yang otaknya digerogoti amoeba setelah terkontaminasi oleh paraut Naegleria fowleri saat mereka sedang bermain-main di air.

ZACHARY REYNA

Otak bocah bernama Zachary Reyna (12) ini dimakan amoeba saat ia bermain dengan  temannya di selokan dekat rumahnya di LaBelle, Florida. Reyna sempat dirrawat selama beberapa minggu di rumah sakit. Reyna mengalami bentuk meningitis yang parah dimana otaknya akan dimakan oleh amoeba. Setelah sempat menjalani operasi oak, Reyna meninggal dunia pada 24 Agustus lalu. Pihak keluarga mengatakan bahwa mereka akan mendonorkan organ Reyna untuk orang-orang yang membutuhkan.

KALI HARDIG

Gadis 12 tahun bernama Kali Hardig ini terinfeksi prasit penggerogot otak, Naegleria Floweri saat ia berenang di waterpark di Arkansas. Kali sempat dirawat beberapa minggu di Arkansas Children’s Hospital. Setelah mengalami pembengkakan otak dan dirawat di ventilator ICU, kini kali sudah mulai bisa bicara dan bersiap untuk kembali ke sekolah. Selama 50 tahun terakhir, Kali adalah orang ketiga yang bisa bertahan hidup setelah terinfeksi amoeba pemakan otak.

COURTNEY NASH

Bulan Agustus 2011, gadis berusia 16 tahun ini terinfeksi amoeba pemakan otak saat ia berenang di sungai St. John yang terletak tidak jauh dari rumah keluarganya di Miami. Nash menderita gejala infejsi amoeba seperti demam, mual, dan sakit kepala.hasil tes menunjukan terdapat amoeba Naegleria Floweri  di cairan tulang belakang Nash. Sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit, Nash pun meninggal dunia.

PRIA DI VIETNAM

Pria berusia 25 tahun di Vietnam terinfeksi amoeba pemakan otak setelah ia memancing tiram dan siput air di danau dekat rumahnya. Awalnya pria ini mengalami sakit kepala dan demam. Tanggal 29 Juli 2012 ia dibawa ke Gia Dinh People’s Hospital. Tapi, kondisinya memburuk dan ia dirujuk ke Tropical Hospital di pusat kota. Suhu tubuh pria yang bekerja sebagai penjual kacang ini mencapai angka 40 derajat sampai ia meninggal pada tanggal 31 Juli 2012.

CHRISTIAN ALEXANDER

Bocah laki-laki berumur 9 tahun asal Virgiania ini meninggal dunia pada tanggal 9 Agustus 2011 akibat terinfeksi amoeba pemakan otak ketika memancing saat mengikuti kemah. Kematian Christian hanya berselang satu minggu seyelah Cortney Nash (16) asal Florida meninggal dengan kasus yang sama dengan Christian.

BOCAH 4 TAHUN DARI MISSISSIPI

Bocah 4 tahun yang tidak disebutkan identitasnya ini meninggal dunia setelah ia terinfeksi amoeba pemakan otak. Diduga, anak ini terkena Naegleria Fowleri saat ia sedang bermain seluncur air plastic di sebuah rumah di St. Bernard Parish. Menurut Departemen Kesehatan Lousiana, sampel air di rumah tersebut memang positif mengandung amoeba pemakan otak.
Itulah kisah-kisah dari sebagian orang yang terkena infeksi amoeba pemakan otak bernama Naegleria Fowleri. Semoga setelah membaca tulisan kita lebih berhati-hati terutama untuk kalian yang senang berenang dan bermain-main di air.

Terima kasih kunjungannya ….. !!!

Sumber : DetikHealth (http://www.detik.com)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar