Rabu, 16 Oktober 2013

MAKNA WARNA "PSIKOLOGI WARNA"


Mungkin Anda sering mendengar bahwa warna memengaruhi secara psikologis. Dan berikut adalah Psikologi Warna

WARNA KUNING

Warna kuning mencerminkan optimism tinggi, pencerahan dan keceriaan. Warna keemasan seperti menjanjikan masa depan yang positif, kuning akan menonjol dari warna sekitarnya dan mencerminkan energy optimism serta memicu pikiran yang kreatif. Efek yang ditimbulkan adalah stimulasi proses mental, stimulasi saraf otak, mengaktifasi ingatan dan memicu komunikasi.

WARNA HIJAU

Efek yang ditimbulkan oleh warna hijau adalah menenangkan, relaksasi pikiran dan badan, meredakan depresi, ketegangan atau grogi serta kegelisahan. Menawarkan kesan pembaharuan, control diri dan harmonisasi.

WARNA BIRU

Warna biru identik dengan terpercaya, dapat diandalkan dan berkomitmen. Efek warna biru adalah menenangkan dan relaksasi, membantu intuisi atau naluri tubuh.

WARNA UNGU

Warna ungu mengekspresikan keseimbangan dari warna merah dan ketenangan dari warna biru dengan sedikit kesan mistis dan royal. Efek dari warna ungu adalah mengangkat atau meningkatkan, menenangkan pikiran dan saraf, menawarkan kesan spiritual, memicu kreativitas.

WARNA PINK

Pink cerah adalah warna yang muda, ceria, menyenangkan serta menyemangatkan, sedangkan pink muda lebih menonjolkan kesan romantic. Efek warna pink hampir sama seperti merah, menstimulasi energy dan meningkatkan tekanan darah, respirasi, detak jantung, denyut nadi, warna ini juga membuat kita lebih percaya diri.

WARNA MERAH
Merah mengekspresikan rasa semangat dan dengan mudah dapat mencuri perhatian apabila diimplementasikan pada element atau objek. Efek warna merah, menstimulasi rasa antuusias, energy, tekanan darah, respirasi dan detak jantung. Meningkatkan percaya diri.

WARNA JINGGA / ORANGE

Jingga adalah warna dekat dari merah, warna ini dapat mengesankan asosiasi yang kuat dari sisi negative atau positif, warna yang kontroversi, warna orange yang cerah mengesankan keceriaan dan warna orange yang lebih gelap mengesankan kehangatan serta energy. Efek warna ini menstimulasi untuk beraktivitas, menggugah selera makan, dan memicu untuk bersosialisasi.

WARNA PUTIH

Putih memproyeksikan kemurnian, kebersihan dan netral. Efek dari warna putih adalah membantu kejernihan pikiran, memotivasi untuk menyingkirkan rintangan atau halangan, membantu menjernihkan pikiran.

WARNA ABU

Abu-abu adalah warna intelek,pengetahuan dan kebijaksanaan, diyakini warna ini memberikan kesan abadi, klasik dan kesan mengkilap atau halus pada objek. Efek dari warna abu adalah meresahkan, entah mengapa referensi saya menulis efek dari warna ini meresahkan, menciptakan rasa ekspektasi.

WARNA HITAM
Hitam melambangkan kekuasaan dan kekuatan karena hitam bisa membangkitkan kekuatan emosional, warna hitam pada kaos dapat membuat si pemakai terlihat ramping dan lebih modern. Efek warna hitam dapat membuat lebih tidak menarik perhatian dan misterius.

Itulah beberapa psikologi warna. Mohon maaf bila ada kekurangan. Semoga tulisan ini berguna.

Sekian dan Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar