Minggu, 08 April 2012

PERANAN PEMUDA DAN MAHASISWA TERHADAP KEMAJUAN BANGSA (ERA DULU & SEKARANG)

Setiap manusia pasti memiliki waktu untuk ikut dalam pembangunan bangsa. Dan kita sebagai generasi muda memiliki peran sebagai penerus dalam pembangunan yang telah dibangun oleh para generasi sebelumnya. Karena peran generasi muda sangat diperlukan untuk melanjutkan proses pembangunan tersebut. Disadari atu tidak, pemuda memiliki peran dan fungsi dalam pembangunan bangsa. Pemuda merupakan aktor dalam pembangunan. Pemuda berperan aktif dalam segala aspek pembangunan bangsa. Pembangunan bangsa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh warga Indonesia. Setiap warga negara Indonesia harus ikut serta dalam melaksanakan pembangunan sesuai dengan kemampuan masing-masing.
Generasi muda merupakan kumpulan dari orang-orang yang masih mempunyai semangat jiwa yang tinggi, ide yang yang sagat baik untuk yang dapat menjadikan bangsa ini lebih baik dari sebelumnya, pemuda yang masih pemikiran yang asih sangat baik untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa serta untuk mengisi pembangunan bangsa. Keberadaan pemuda diharapkan dapat menjadi karakteristik yang baik bagi indonesia dalam upaya untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Selain itu, pemuda juga perlu dituntut untuk meningkatkan inovasi diberbagai bidang dan mampu untk memperbaiki kekurangan atau kesalahan yang telah dilakukan oleh generasi sebelumnya/pendahulunya.
 Peran pemuda dalam pembangunan bangsa merupakan hal yang nyata. Berbagai bakat, kemampuan, potensi serta semangat dari para pemuda senantiasa memberikan warna yang khas bagi kemajuan dan pertumbuhan bangsa. Dalam pembangunan nasional, kita sebagai  warga negara Indonesia dan sebagai pemuda generasi masa depan dapat melakukannya dengan cara mengikuti program wajib belajar, membayar pajak, menaati peraturan-peraturan yang ada/berlaku, menjaga ketertiban  dan keamanan negara, menjaga kelestarian lingkungan hidup dan sebagainya. Keberadaan pemuda sangatlah penting bagi pembangunan bangsa I ndonesia dalam rangka regenerasi serta upaya dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Untuk mencapai kondisi tersebut pemuda Indonesia harus mempunyai jatidiri yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa.
Jika kita ingin terus mempertahankan kemerdekaan negeri ini, kita harus terus berusaha agar negeri ini tetap sejahtera. Oleh karena itu, sebagai pemuda kita harus mampu untuk dapat meningkatkan pembangunan bangsa ini. Generasi pemuda adalah generasi penerus bangsa. Yang artinya ssebagai orang yang akan meneruskan suatu bangsa, dari situ kita seharusnya dapat menyadari bahwa kita adalah bagian dari usaha pembangunan bangsa. Untuk itu peran generasi muda sebenarnya ada di dalam proses pembangunan tersebut.
            Cara pemuda dan mahasiswa dalam usaha membangun bangsa ini dapat dilakukan dengan cara belajar dengan sungguh-sungguh dan giat. Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia peran penting pemuda terlihat dari dimulainya pergerakan Budi Utomo (1908), Sumpah Pemuda (1928), Proklamasi Kemerdekaan (1945), Pergerakan Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa (1966), serta pada pergerakan mahasiswa pada tahun 1998 yang meruntuhkan kekuasaan masa Orde Baru yang pada saat Indonesia dipimpin oleh Presiden Soeharto yang memimpin Indonesia selama 32 tahun lamanya, pada masa itu juga sekaligus membawa bangsa Indonesia memasuki masa reformasi. Dan hal ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa pemuda selamaini mampu untuk berperan atif dalam proses perjuangan dan pembangunan bangsa. Dan keamanan negara, menjaga kelestarian lingkungan hidup dan sebagainya.
Dapat dikatakan itulah awal dari pembangunan bangsa yang melibatkan para pemuda serta mahasiswa Indonesia. Pemuda dan Mahasiswa diharapkan dapat menyesuaikan diri yaitu untuk mengerjakan apa saja yang semestinya mereka lakukan guna memperbaiki keadaan dan meningkatkan produktivitas mereka sebagai bangsa.Peran pemuda dan Mahasiswa dalam era reformasi merupakan rangkaian peran mahasiswa ( pemuda ) sejak dari era Kebangkitan nasional, sumpah pemuda dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang mencerminkan sikap Nasionalisme-Kebangsaan yang mencakup seluruh kepulauan Indonesia. ( Lukman Hakim : 2003 )
Dari dulu hingga sekarang , keberadaan pemuda dan mahasiswa memang sangat dibutuhkan dan merupakan hal yang penting bagi bangsa Indonesia dalam rangka regenerasi serta upaya mewujudkan cita-cita bangsa. Pendidikan merupakan salah satu media yang efektif dalam pembangunan bangsa. Karena dengan pendidikan para pemuda dan mahasiswa dapat membangun kepribadian dan kreativitas serta bakat yang mereka miliki. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh pemuda dan mahasiswa untuk meningkatkan pembangunan bangsa. Dan sebagai generasi muda kita harus dapat membuktikan bahwa kita dapat mencapai pembangunan bangsa ini lebih baik lagi. Kita harus selalu berusaha dengan sungguh-sungguh agar apa yang kita lakukan akan berbuah hasil yang maksimal. Pemuda dan mahasiswa sebagai generasi muda harus tetap semangat dan memiliki rasa bangga akan para pejuang yang dahulu yang mengorbankan hidupnya untuk bangsanya agar bangsa ini maju. Hal ini dapat menjadikan kita sebagai semangat untuk dapat meningkatkan pembangunan nasional kedepannya. Pemuda dan Mahasiswa merupakan calon pemimpin masa depan yang dapat menegakan keadilan seadil-adilnya. Oleh karena itu para pemuda dan mahasiswa harus menunjukan yang terbaik untuk bangsanya agar bangsa ini tetap maju dan menjadi kebanggaan bangsa. Pemuda dan mahasiswa harus memiliki rasa tanggung jawab dan dapat memberikan kemakmuran serta dapat menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk kemajuan bangsa dan negaranya.
Pemuda dan mahasiswa merupakan aktor utama di daam sebuah perubahan dan pembangunan bangsa. Karena dari pemuda dan mahasiswalah munculnya gerakan-gerakan perubahan positif yang luar biasa dalam sejarah kemajuan bangsa dan dalam pembangunan bangsa. Berbagai peristiwa besar yang terjadi di negeri ini maupun di dunia selalu identik dengan peran mahasiswa didalamnya. Pemuda dan mahasiswa akan selalu dikaitkan dalam pembangunan bangsa.
Mahasiswa mempunyai berbagai peran dalam pembangunan bangsa dan dalam melaksanakan perubahan bangsa. Mahasiswa harus mampu menyampaikan nilai-nilai kebaikan pada suatu kaum dan sebagai generasi penerus harus mampu untuk melanjutkan generasi sebelumnya. Untuk dapat meningkatkan pembangunan bangsa mahasiswa dapat melakukannya dengan cara :
1.     Selalu belajar dengan sungguh-sungguh
2.    Memiliki perencanaan masa depan yang baik
3.    Memiliki semangat belajar yang tinggi  
4.    Sebagai calon pemimpin masa depan mahasiswa harus memiliki jiwa kepemimpinan
Pemuda dan mahasiswa merupakan pewaris Bangsa yang mempunayai kesemapatan dan kemauan yang tinggi dalam pembangunan bangsanya. Pemuda dan Mahaiswa yang berperan sebagai agen perubahan harus selalu bersatu untuk kepentingan bersama yaitu berperan dalam pembangunan bangsa.

1 komentar: