Kamis, 22 Maret 2012

KENAIKAN BBM dan TDL BULAN APRIL 2012


Keadaan Negara Indonesia sedang tidak kondusif. Hal ini disebabkan oleh rencana pemerintah mengenai “ Kenaikan BBM dan TDL” pada April mendatang. Belum terjadi saja, demo sudah terjadi dimana-mana untuk menolak rencana pemerintah tersebut. Yang paling banyak mendapat sorotan adalah mengenai kenaikan harga BBM. Hal ini akan semakin membuat rakyat kecil menderita. Mereka akan semakin terbebani dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka. Pemerintah yang akan menaikkan harga BBM pada 1 april dan tarif dasar listrik (TDL) mulai 1 mei secara bertahap. Masyarakat semakin resah atas keputusan tersebut unjuk rasa dan protes dari berbagai kalangan masyarakat terus bergulir di berbagai wilayah di Tanah Air.
Penolakan Kenaikan BBM ini banyak dilakukan oleh kalangan menengah ke bawah, mahasiswa, buruh, masyarakat tidak mampu, dan sebagainya. Bahkan kalangan pengusaha dan pejabat pun tidakn sedikit yang menolak. Pihak yang paling menderita dengan kenaikan harga BBM ini adalah rakyat kecil karena kemampuan memenuhi kebutuhan hidup akan semakin sulit. Anak-anak sekolahan, mahasiswa, dan orang-orang yang menggunakan jasa angkutan pasti mengeluhkan hal ini. Hal ini karena sudah pasti tarif angkutannya akan naik. Bukan hanya mereka masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor pun mengeluhkan hal ini. Rencana pemerintah ini memang membuat rakyat Indonesia menjadi resah. Kenaikan BBM ini sudah pasti akan mempengaruhi harga-harga barang dan jasa yang lainnya. Dan hal ini akan semakin mempersulit kemampuan kita untuk memenuhi kebutuhan hidup.
 Pemerintah beralasan bahwa mereka membuat keputusan ini adalah untuk meningkatkan ekonomi nasional saja. Tetapi belum tentu juga dengan keputusan ini akan meningkatkan ekonomi nasional. Memang sebagai penggantinya pemerintah akan memberikan kompensasi kepada rakyat miskin. Dan belum tentu juga kompensasi tersebut sampai kepada mereka. Karena masih banyak para koruptor-koruptor yang berkeliaran. Dan ini tentu saja akan semakin membuat rakyat miskin semakin miskin dan yang kaya semakin kaya. Seharusnya kebijakan yang Pemerintah hasilkan menciptakan kualitas kehidupan yang baik bagi rakyatnya. Jika kenaikan harga BBM ini tetap dijalankan, bukan kualitas hidup yang baik yang akan rakyat rasakan, namun belitan ekonomi yang semakin mencekik dan menggerogoti kehidupan mereka.
Bukan hanya BBM saja yang akan dinaikan tetapi juga Pemerintah berencana untuk menaikan Tarif Dasar Listrik ( TDL ). Dan hal ini akan semakin membuat rakyat semakin resah. Rencananya kenaikan TDL akan terjadi pada 1 Mei mendatang.
Seharusnya pemerintah melihat keadaan rakyatnya dulu apakah sudah siap atau belum sebelum membuat keputusan tersebut. Jika belum pemerintah harus mempunyai cara untuk mengatasinya agar nantinya keputusannya dapat diterima dengan baik oleh rakyatnya. Dan jika ingin menaikan BBM dan TDL lebih baik jangan dilakukan secara sekaligus, pilih salah satunya saja. Jika dilakukan secara bersama-sama suasana ekonomi akan tidak stabil dan tak kondusif yang akhirnya angka kriminalitas akan semakin tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar