Senin, 11 November 2013

ENAM TIPS MENGATASI PHOBIA

Pada tulisan sebelumnya saya menulis tentang macam-macam phobia, dan sekarang saya akan memberitahu / menshare cara atau tips untuk mengatasi phobia.

Teknik penyembuhan ini harus dibimbing oleh seorang psikolog.

Ada banyak teknik penyembuhan yang dapat dilakukan untuk mengatasi phobia, Enam di antaranya, kata psikolog, Henni Norita, adalah:

1. Hipnoterapi

Penderita diberi sugesti-sugesti untuk menghilangkan phobia.

2. Flooding

Teknik ini dilakukan dengan cara ekstrim tapi tidak membahayakan. Penderita phobia yang ngeri dengan anjing (cynophobia) misalnya, dimasukkan ke dalam ruangan dengan beberapa ekor anjing jinak hingga ia tidak ketakutan lagi.

3. Desentisisasi Sistematis

Dilakukan exposure bersifat ringan. Penderita phobia yang takut akan anjing disuruh relaks dan membayangkan berada ditempat cagar alam yang indah dimana si penderita didatangi oleh anjing-anjing lucu dan jinak.

4. Abreaksi

Penderita phobia yang takut pada anjing dibiasakan terlebih dahulu untuk melihat gambar atau film tentang anjing, bila sudah dapat tenang baru kemudian dilanjutkan dengan melihat objek yang sesungguhnya dari jauh dan semakin dekat perlahan-lahan.

Bila tidak ada halangan maka dapat dilanjutkan dengan memegang anjing dan bila phobia-nya hilang mereka akan dapat bermain-main dengan anjing. Memang sih bila phobia yang dikarenakan pengalaman traumatis lebih sulit dihilangkan.

5. Reframing

Penderita phobia disuruh membayangkan kembali menuju masa lampau dimana mulanya si penderita mengalami phobia.

Setelah ingatan penderita berhasil diarahkan ke tempat itu, ia lalu diminta untuk membayangkan suatu manusia baru yang tidak takut lagi pada phobia-nya.

SUMBER :  http://www.beritasatu.com/kesehatan/20779-enam-tips-mengatasi-phobia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar